Ahmad Syaikhu Dinobatkan Sebagai Tokoh Pendorong Demokrasi Berintegritas

Ahmad Syaikhu Dinobatkan Sebagai Tokoh Pendorong Demokrasi Berintegritas

Kamis, 17 Oktober 2024, 7:40:00 PM

Oleh, Imam Trikarsohadi: Dewan Pakar Pusat Kajian Manajemen Strategik

Belum juga dipilih, calon Gubernur Jawa Barat yang juga Presiden PKS non aktif Ahmad Syaikhu, telah membuat bangga seluruh warga Jawa Barat. Tokoh nasional kelahiran Cirebon ini, baru saja menerima penghargaan detikcom Awards dalam kategori Tokoh Pendorong Demokrasi Berintegritas pada Kamis, 17 Oktober 2024.

Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas berbagai inisiatif yang telah diambilnya untuk memperkuat demokrasi di Indonesia. Berbagai inisiatif yang diambil Syaikhu terkait demokrasi dan komitmen menjaga persatuan dan kesatuan bangsa bukanlah perkara yang enteng. Dalam mewujudkannya ia menghadapi berbagai tantangan baik dari eksternal dan/ atau dari rekan sekolega di PKS.

Sebab kita tahu, keputusan – keputusan politik adalah jalan sempit dan rumit, serta acapkali penuh akrobatik. Untuk itu, hanya sosok – sosok yang telah mampu berdamai dengan dirinya sendiri yang dapat tetap menjaga integritas pikiran dan tindakan konkrit dalam ikhtiar merawat demokrasi secara sehat, menjaga harmoni dan mengutamakan nasionalisme ditengah – tengah tarik menarik berbagai kepentingan politik praktis.

Dalam konteks kepentingan masyarakat luas dan nasionalisme, tak ada kamus tembok beku bagi Syaikhu. Ketaatannya kepada Sang Khalik, membuatnya punya cara guna mewujudkan terciptanya kemaslahatan bersama, termasuk dalam ranah politik praktis.


Dalam konteks pergaulan, Syaikhu adalah sosok yang merawat kedalaman sanubari, maka tak heran jika dirindukan berbagai kalangan dari berbagai latar belakang. Dimana pun di berbagai pelosok tanah air, kita akan dapat titipan salam dari orang yang mengenal Syaikhu secara dekat, meski singkat, tapi bisa merasakan keteduhan perilakunya. Maka titipan salam itu selalu ditutup kalimat kesan: ” Beliau orang baik. ”

Dalam berpolitik, Syaikhu amat menjauhi dusta atau rekayasa, ia lebih memilih jalan lelah menemui langsung para konstituenya untuk menampung aspirasi dan solusi.

Ia amat mencita – citakan tegaknya demokrasi yang berkualitas dan berintegritas. Sebab itu, amat berkepentingan meningkatnya kualitas sumber daya manusia sebagai salah satu faktor utama mewujudkannya.

Dalam kepemimpinanua, Syaikhu telahbberhasil menegaskan komitmen PKS untuk tetap berada di luar pemerintahan Joko Widodo sebagai oposisi, nyalang mengkritisi, tapi tidak membenci. Syaikhu menekankan peran oposisi adalah untuk memastikan fungsi check and balances berjalan dengan baik, tapi tidak dengan menebar permusuhan.

Syaikhu juga telah menjadi salah sosok dari sedikit sosok yang ada, yang getol melakukan silaturahmi Kebangsaan. Bahkan, ia berani melakukan itu di saat – saat situasi tidak menguntungkan dari sisi kepentingan politik praktis. Tapi ia lakukan itu, hingga secara perlahan PKS pun mulai diakui masyarakat luas sebagai partai yang terbebas dari perilaku sumbu pendek.

Syaikhu sadar pentingnya keseimbangan antara kebebasan dan kedisiplinan dalam menjalankan demokrasi.
Kini Syaikhu sedang dalam prosesi kontestasi Pilgub Jawa Barat berpasangan dengan Ilham Habibie, dan ia belum apa – apa sudah bikin bangga warga Jawa Barat.***

(Tulisan ini Disadur dari KORAN BEKASI.id) 

TerPopuler