Presiden RI Joko Widodo Tinjau Pembangunan Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Presiden RI Joko Widodo Tinjau Pembangunan Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Selasa, 18 Mei 2021, 6:34:00 AM

Presiden RI, Joko Widodo Saat Meninjau Pembangunan Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung Selasa (18/05/2021)
Jakarta, pospublik.co.id - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan Rel Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung di 2 titik, yakni: Casting Yard-1 di Kelurahan Wangunharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, dan di Tunnel -1 KM 5+5.0 Tol Jakarta-Cikampek, Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi.


Deangan pengawalan Paspampres, Jokowi bersama Gubernur Provinsi Jawa Barat, M.Ridwan Kamil, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Kapolres Metro Bekasi Kota, dan Dandim 0507/Bekasi, meninjau lokasi strategis produksi bahan material pembangunan jalur kreta api cepat tersebut.

Lokasi pertama yang dikunjungi Presiden adalah Casting Yard -1. Lokasi tersebut merupakan salah satu sarana pendukung produksi, dan distribusi box girder untuk struktur trase proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Kunjungan kedua dilanjutkan kelokasi Tunnel -1 kereta cepat Jakarta-Bandung yang berlokasi di Km 5+500 Tol Jakarta-Cikampek, Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi.

Terowongan yang berada didua lintasan kereta cepat tersebut sepanjang 1,8 kilometer dan melintas diatas jalan tol Jakarta-Cikampek.
Presiden Saat Mengunjungi Pembangunan Jalur Kreta Api Cepat Jakarta-Bandung
Pembangunan Jalur kereta cepat saat ini dikerjakan PT. Kereta Cepat Indonesia-Cina (KCIC) yang dibangun secara paralel. Pembangunan tersebut ditargetkan rampung pada tahun 2022. Proyek tersebut mulai dari pembangunan jalur kereta, pembangunan stasiun dan sarana penunjang lainnya.


Jokowi meninjau Casting Yard-1 yang merupakan lokasi produksi bahan material jalan layang kereta cepat Jakarta - Bandung.

Kunjungan tersebut juga diikuti Duta Besar Cina untuk Indonesia. Dalam kesempatan itu, Presiden menyampaikan harapannya agar proyek ini mampu  bertransformasikan ilmu teknologi kepada bangsa Indonesia.

"Kita harapkan SDM-SDM kita mampu menangkap dan menyerap ilmu dari pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung ini. Kita telah memutuskan jalur kereta cepat ini dapat diperpanjang hingga ke Surabaya," ujar Presiden RI saat berada dilokasi. (Ndoet)

TerPopuler